|
REVISI
|
PENDEKATAN
SAINTIFIK
disusun
oleh:
KELOMPOK IV
NABRIANSYAH
NASUTION (A 231 14 144)
AZZA
MASNAWATI (A
231 14 126)
TIARA
WAHYU ANGGRAINI (A
231 14 018)
WIDYA
MEISTIKA TINANGON (A 231 14 023)
MAYA
SAFITA (A
231 14 097)
MIRAWATI
(A
231 14 022)
YUYUN
(A
231 14 112)
Kelas: B
DOSEN PEMBIMBING:
Dr.
SUKAYASA, M.Pd
Dr.
H. SUDARMAN BENNU, M.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan
karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah kami yang berjudul “Pendekatan
Saintifik”. Makalah ini di selesaikan guna untuk menyelesaikan tugas dan
tanggung jawab kami serta memenuhi tugas mata kuliah Teori Belajar dan Inovasi
Pengembangan II.
Dalam makalah ini, kami
akan membahas tentang pengertian pendekatan saintifik. Selain itu, kami juga membahas langkah-langkah pembelajaran dengan
pendekatan saintifik, teori-teori yang mendukung dari pendekatan saintifik,
serta penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran.
Ucapan terima kasih
yang tulus kami sampaikan kepada dosen pembimbing kami yang telah mengarahkan
proses penyusunan makalah ini. Selain itu, kami juga akan berterima kasih
kepada segenap keluarga kami yang telah memberikan bantuan berupa dana dan
pikiran. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
terlibat dalam memberikan bantuan berupa apapun dan berbagai sumber yang telah
kami pakai sebagai data dan fakta pada makalah ini.
Kami menyadari makalah
ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun dari semua pihak agar penyusunan makalah selanjutnya
lebih sempurna. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua orang yang
membaca makalah ini. Terima kasih.
Palu,
17 Oktober 2016
Tim Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Judul.................................................................................................... i
Kata
Pengantar.................................................................................................... ii
Daftar
Isi .......................................................................................................... iii
Daftar
Lampiran.................................................................................................. iv
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang ............................................................................... 1
1.2.Rumusan
Masalah .......................................................................... 2
1.3.Tujuan ........................................................................................... 2
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Pengertian
Pendekatan Saintifik..................................................... 3
2.2.Kriteria
Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik...................... 5
2.3.Langkah-langkah
Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik....... 7
2.4.Teori
Pendukung Pendekatan Saintifik.......................................... 15
2.5.Penerapan
Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik.................. 18
BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
.................................................................................... 22
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
1. Lampiran
I .......................................................................................... v
2. Lampiran
II .......................................................................................... xviii
3. Lampiran
III xx
4. Lampiran
IV xxi
5. Lampiran
V .......................................................................................... xxiii
6. Lampiran
VI xxv
Lampiran I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP/MTs
...
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/
Semester : VII/
II
(GENAP)
Tahun
Ajaran : 2014/2015
Pokok
Bahasan : Sifat-Sifat Bangun Segi Empat
Alokasi
Waktu : 3 x 45 Menit
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai
dan Menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI 4: Mencoba, Mengelolah, dan Menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori.
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI 4: Mencoba, Mengelolah, dan Menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN
|
|
1.
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1.
Bersemangat
dalam Mengikuti pembelajaran matematika.
2.
Serius
dalam mengikuti pembelajaran matematika.
|
|
2.
|
Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa
percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
|
1.
Memiliki rasa ingin tahu yang ditandai
dengan bertanya selama proses pembelajaran.
2.
Berani
presentasi didepan kelas dari hasil kerja kelompoknya.
3.
Suka
mengamati sesuatu yang berhubungan dengan materi pelajaran yang sedang
dipelajari
4.
Menunjukan
sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil kerjanya.
|
|
3.
|
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segi empat yaitu
persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang.
|
1.
Mengenal
bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang.
2.
Mengenal
sifat-sifat bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang.
|
|
4
|
Menghitung keliling dan luas bangun segi empat serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
1.
Menemukan
rumus keliling bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang.
2.
Menentukan
luas bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang
3.
Menyelesaikan
soal permasalahan keliling dan luas bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.
Serius dalam
mengikuti pembelajaran matematika.
3.
Memiliki rasa
ingin tahu yang ditandai dengan bertanya selama proses pembelajaran.
4.
Berani
presentasi di depan kelas dari hasil kerjanya.
5.
Suka mengamati
sesuatu yang berhubungan dengan bangun segi empat.
6.
Menunjukan sikap
percaya diri dalam mengkomunasikan hasil-hasil kerjanya.
7.
Siswa dapat
mengenal bangun segi empat.
8.
Siswa dapat
mengenal sifat-sifat dari bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang.
9.
Siswa dapat
menentukan keliling dan luas bangun segi empat.
D. MATERI PELAJARAN
|
Persegi adalah
segiempat yang keempat sisinya sama panjang dan keempat sudutnya siku-siku.
|
Sifat-sifat persegi yaitu :
a. Memiliki 4 sisi dan 4 titik sudut
b. Memiliki 2 pasang sisi yang sejajar dan sama
panjang
c. Keempat sisinya sama panjang
d. Keempat Sudutnya sama besar yaitu 90 derajat
(siku-siku)
e. Memiliki 4 simetri lipat
f. Memiliki simetri putar tingkat 4
Rumus Luas dan Keliling Persegi
a) Luas = sisi × sisi = s × s = s2
b) Keliling = sisi + sisi + sisi + sisi = 4s
|
Persegi panjang adalah segiempat yang sepasang sepasang sisi yang berhadapan sejajar sama panjang dan sudut-sudutnya
siku-siku.
|
Sifat-sifat
pada Persegi Panjang
a.
Sisi yang berhadapan
sejajar dan sama panjang ( AB // CD dan
AD // BC)
b.
Sudut-sudutnya siku-siku
( 90áµ’)
Rumus Keliling dan Luas
Persegi Panjang
a) Luas Daerah = Panjang x Lebar = p x l
b) Keliling = 2 (p x l)
|
Trapesium adalah segiempat dengan tepat
sepasang sisi berhadapan sejajar.
|
Sifat-sifat pada Trapesium
a.
Memiliki 4 sisi dan 4
titik sudut
- Memiliki sepasang sisi yang sejajar tetapi tidak sama panjang
- Sudut - sudut diantara sisi sejajar besarnya 180 derajat
Rumus Luas
dan Keliling Trapesium
a) Luas = (Jumlah sisi Sejajar) x
b) Keliling = AB + BC + CD + AD
|
Jajar genjang adalah segi
empat dengan sisi-sisi berhadapan sejajar. segiempat yang
sisi-sisinya sepasang-sepasang sejajar, atau segiempat yang memiliki tepat
dua pasang sisi yang sejajar.
|
Sifat-sifat pada Jajar Genjang
a.
Memiliki 4 sisi dan 4
titik sudut
- Memiliki 2 pasang sisi yang sejajar dan sama panjang
- Memiliki 2 sudut tumpul dan 2 sudut lancip
- Sudut yang berhadapan sama besar
- Diagonalnya tidak sama panjang
- Tidak memiliki simetri lipat
- Memiliki simetri putar tingkat 2
Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang
a) Luas = alas x tinggi
= a x t
b) Keliling = 2 alas + 2 tinggi = 2 (a + t)
|
Belah ketupat adalah
bangun datar segiempat yang memiliki empat sisi yang kongruen. Belaketupat
juga didefinisikan sebagai bangun datar segi empat yang memiliki kedua
diagonalnya saling tegak lurus dan saling membagi dua sama panjang.
|
Sifat-sifat dari Belah Ketupat
a.
Memiliki 4 sisi dan 4
titik sudut
b.
Keempat sisinya sama
panjang
c.
Memiliki 2 pasang sudut
yang berhadapan sama besar
d.
Diagonalnya berpotongan
tegak lurus
e.
Memiliki 2 simetri lipat
f.
Memiliki simetri putar
tingkat 2
Rumus Luas dan
Keliling
a) Luas = ½ d1.d2
b) Keliling
= 2
|
Layang-layang
adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh
dua pasang rusuk yang berhaapan
masing-masing
pasangannya sama panjang dan saling membentuk sudut.
|
Sifat –sifat Layang-Layang
a. Memiliki 4 sisi dan 4 titik sudut
b. Memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang
c. Memiliki 2 sudut yang sama besar
d. Diagonalnya berpotongan tegak lurus
e. Salah satu diagonalnya membagi diagonal yang
lain sama panjang
f. Memiliki 1 simetri lipat.
Rumus Luas dan Keliling
Layang-layang
Luas =
½ d1.d2
Keliling =
2d1 + 2d2
E.
LANGKAH-LANGKAH
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
|
Pendahuluan
|
Guru melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan
berdoa untuk memulai pembelajaran kemudian memeriksa kehadiran siswa sebagai
cerminan disiplin
|
5 menit
|
|
Apresiasi:
Guru bertanya dan mengecek pemahaman siswa tentang
materi sifat-sifat bagun segi empat
|
||
|
Motivasi:
Guru memberikan motivasi berdasarkan materi yang
akan disampaikan. Guru mengarahkan bahwa dalam belajar kita harus teguh pada
pendirian dan bersungguh-sungguh karena dalam jenis pelajaran apapun pasti
akan memberikan manaat yang baik dalam kehidupan peserta didik.
|
||
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati (Observing):
1. Siswa
melakukan pengamatan atas permasalahan yang diberikan oleh guru berkaitan
dengan materi sifat-sifat bangun segi empat.
2. guru
membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk melakukan
pengamatan melalui kegiatan: melihat, menyimak, mendengar, dan membaca yang
diformulasikan pada skenario proses pembelajaran. Guru memfasilitasi peserta
didik untuk melakukan pengamatan, melatih mereka untuk memperhatikan
(melihat, membaca, mendengar) hal yang penting dari suatu benda atau objek
|
3 menit
|
|
|
Menanya:
1. siswa mengajukan
pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik)
2. Guru
membimbing peserta didik untuk dapat menanya atau mengajukan pertanyaan.
Mengumpulkan
informasi:
Siswa mengumpulkan
informasi yang dilakukan
melalui eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, dan melakukan berbagai cara yang dipelajari.
|
3
menit
|
|
Menalar:
1. Siswa memproses informasi
yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan
mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan
mengumpulkan informasi tentang
materi sifat-sifat bangun segi empat.
2. Guru memberi instruksi singkat tapi jelas dengan disertai
contoh-contoh, baik dilakukan sendiri maupun dengan cara simulasi.
|
7
menit
|
|
|
Mencoba:
1. siswa mengumpulkan informasi /eksperimen dan
melaksanakan eksperimen dengan bimbingan guru.
2. Guru membimbing siswa dalam pelaksanaan
eksperimen.
|
7
menit
|
|
|
Mengkomunikasikan:
1. Siswa menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari.
2. Guru membimbing, mengawasi dan memberikan
instruksi kepada siswa.
|
10
menit
|
|
|
Penutup
|
1.
Guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan pekerjaan rumah sebagai instrument penilaian pengetahuan individu
siswa.
3.
Berdoa
untuk mengakhiri pembelajaran.
4.
Guru
mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
10 menit
|
F. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media dan
alat pembelajaran: Power point, LCD, notebook, papan tulis,
spidol, dan benda kongkrit dari bagun segi
empat.
spidol, dan benda kongkrit dari bagun segi
empat.
Sumber
pembelajaran : Buku matematika SMP kelas VII, dan sumber lain.
G.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.
Sikap
spiritual
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen:
Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
|
No.
|
BUTIR NILAI
|
INDIKATOR
|
JUMLAH BUTIR
INSTRUMEN
|
|
1.
|
1.1.
Menghargai
dan
menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
matematika
|
1
|
|
1.1.2 Serius dalam mengikuti
Pembelajaran
matematika
|
1
|
||
|
JUMLAH
|
2
|
||
d.
Instrumen
2.
Sikap
Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen:
Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi:
|
NO.
|
BUTIR NILAI
|
INDIKATOR
|
JUMLAH BUTIR
INSTRUMEN
|
|
2.
|
Memiliki rasa ingin
tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada
matematika
serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
|
Memiliki rasa ingin tahu yangditandai dengan
bertanya selama proses pembelajaran
|
1
|
|
Berani presentasi didepan kelas dari hasil kerja
kelompoknya
|
1
|
||
|
Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan bangun segi
empat
|
1
|
||
|
Menunjukkan
sikap percaya
diri dalam mengkomunikasikan hasil -hasil kerjanya
|
1
|
||
|
JUMLAH
|
4
|
||
3.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Praktek
b.
Bentuk Instrumen :
Uraian
c.
Kisi-kisi
|
No.
|
BUTIR
NILAI
|
INDIKATOR
|
JUMLAH BUTIR SOAL
|
NOMOR BUTIR INSTRUMEN
|
|
1.
|
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
|
Mengenal Bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
|
1
|
1
|
|
Mengenal sifat-sifat dari bangun segi empat yaitu
persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang.
|
1
|
1
|
||
|
2.
|
Menghitung keliling dan luas segi empat serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Menemukan rumus keliling bangun segi empat yaitu
persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
|
1
|
1
|
|
Menentukan luas bangun segi empat yaitu persegi,
trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
|
1
|
1
|
||
|
Mengerjakan soal permasalahan keliling dan luas
bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
|
1
|
1
|
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Praktek
b.
Bentuk Instrumen :
Lembar Penilaian Praktek
c.
Kisi-kisi:
|
No.
|
INDIKATOR
|
BUTIR
INSTRUMEN
|
|
1.
|
Menggambarkan bentuk dari bangun segi empat
|
1
|
|
2.
|
Menyebutkan sifat-sifat dari masing-masing bidang
segi empat
|
2
|
|
3.
|
Menyelesaikan soal maslah keliling dan luas dari
bangun segi empat.
|
1
|
|
4.
|
Menunjukkan kemampuan mempertahankan pendapat
|
3
|
Lampiran
II
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Pokok bahasan : Sifat-sifat Bangun Segi Empat
Hari/tanggal
:
Alokasi
waktu :
Kelas :
Nama /no.
kelompok :
1. Sebutkan masing-masing definisi dari persegi,
trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang?
Jawab:...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
………………………………………………………………………………………
2. Sebutkan masing-masing sifat dari persegi,
trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang!
Jawab:.......................................................................................................................................................................................................................................................................
.........................................................................................……………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………..
3. Sebuah
persegi ABCD dengan panjang sisinya 5 cm, hitunglah keliling persegi tersebut!
Jawab::……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Diketahui sebuah belah ketupat PQRS
dengan panjang diagonal-diagonalnya adalah
6 cm dan 10 cm , hitunglah luas belah ketupat tersebut!
Jawab:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Sebuah jajar genjang PQRS dengan panjang
PQ = 2QR, hitunglah keliling jajar genjang tersebut jika diketahui panjang QR
adalah 4 cm !
Jawab:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6. Diketahui
luas sebuah trapesium sama kaki PQRS adalah 36 cm2. Berapakah tinggi
trapesium tersebut jika panjang sisi-sisi sejajarnya adalah 8 cm dan 10 cm?
Jawab:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7. Sebuah layang-layang PQRS dengan panjang
QR = 18 cm, salah satu diagonalnya memiliki ukuran 6 cm dan memotong diagonal
yang lain dengan panjang PO = 4 cm. Hitunglah keliling layang-layang tersebut!
Jawab:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Lampiran III
PETUNJUK
PENENTUAN NILAI SIKAP
1. Rumus Penghitungan Skor Akhir
Skor
Maksimal = Banyaknya indikator x 4
2. Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No
81A Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik : Apabila memperoleh skor
akhir:3,33<Skor Akhir≤4,00
Baik : Apabila
memperoleh skor akhir:2,33<Skor Akhir≤3,33
Cukup : Apabila memperoleh skor
akhir:1,33<Skor Akhir≤2,33
Kurang : Apabila memperoleh skor
akhir: Skor Akhir≤1,33
Lampiran
IV
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A. Petunjuk Umum
1.
Instrumen sikap
spiritual berupa lembar observasi
2.
Instrumen diisi oleh
guru pengajar
B. Petunjuk Pengisian
Pengisian
lembar observasi dengan ketentuan sebagai berikut :
Skor
yang diberikan 1,2,3,4 dengan criteria :
1 = tidak pernah melakukan
perilaku yang diamati
2 = kadang-kadang melakukan
perilaku yang diamati
3 = sering melakukan
perilaku yang diamati
4 = selalu melakukan
perilaku yang diamati
C. Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas : VII
Semester :
Tahun
Pelajaran :
Tanggal :
Butir
Nilai : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
Indikator
Sikap : 1. Bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran matematika
2. Serius dalam mengikuti pembelajaran
matematika
|
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Skor Indikator Sikap
Spiritual (1-4)
|
Jumlah Perolehan Skor
|
Skor Akhir
|
Tuntas/Tidak Tuntas
|
|
|
Indikator 1
|
Indikator 2
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran
V
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap spiritual berupa lembar observasi
2.
Instrumen
diisi oleh guru pengajar
B.
Petunjuk Pengisian
Pengisisan lembar observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor yang diberikan 1,2,3,4 dengan kriteria:
1 = tidak pernah
melakukan perilaku yang diamati
2 = kadang-kadang
melakukan perilaku yang diamati
3 = sering melakukan
perilaku yang diamati
4 = selalu melakukan
perilaku yang diamati
C.
Lembar Observasi
LEMBAR
OBSERVASI
Kelas :
VII
Semester : Ganjil
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Tanggal :
18 Oktober 2014
Butir Nilai : Memiliki rasa
ingin tahu, percaya diri, dan
Ketertarika pada matematika serta memiliki rasa
percaya pada daya kegunaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar
Ketertarika pada matematika serta memiliki rasa
percaya pada daya kegunaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar
Indikator Sikap :
1. Memiliki
rasa ingin tahu yang ditandai dengan
bertanya selama proses pembelajaran.
bertanya selama proses pembelajaran.
2.
Berani presentasi didepan kelas dari hasil kerja
individu/kelompok.
individu/kelompok.
3. Suka
mengamati sesuatu yang berhubungan dengan
bangun segi empar
4. Menunjukkan
sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasilkerjanya
|
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Skor
Indikator Sikap Sosial (1-4)
|
Jumlah
Perolehan Skor
|
Skor
Akhir
|
Tuntas/Tidak
Tuntas
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran VI
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Nama :
Kelas/Semester :
Kelompok :
Waktu : 25 Menit
Petunjuk:
1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal
2. Jawablah pada lembar jawaban yang telah disediakan
3. Selesaikan soal berikut dengan singkat dan jelas
Kerjakanlah soal berikut ini!
1.
Diketahui luas sebuah
persegi 49 cm2. Hitunglah keliling persegi tersebut!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Keliling sebuah jajar
genjang ABCD adalah 34 cm, jika panjang AD = 7 cm dan tingginya 6 cm
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...........
3.
Diketahui luas sebuah
trapesium sama kaki PQRS adalah 80 cm2. Berapakah keliling trapesium
tersebut jika tingginya adalah 8 cm dan panjang PQ = 8 cm?
Jawab:
..……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………….....................
4.
Keliling sebuah belah
ketupat PQRS adalah 52 cm. Berapakah panjang QS jika diketahui panjang PR
adalah 10 cm?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Sebuah
layang-layangPQRS dengan panjang diagonal-diagonalnya 10 cm dan 18 cm,
hitunglah luaslayang-layang tersebut !
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 –
100 , sebagai berikut :
|
Nilai Akhir =
Perolehan Skor X
(100)
Total Skor Max
|
Kriteria Ketuntasan Minimal =
Lampiran VII
PERTANYAAN DAN JAWABAN
DISKUSI
1) Nama
: Devi Ayu Sari
Stambuk
: A 231 14 010
Pertanyaan
: Apakah pendekatan saintifik bisa
diterapkan di semua jenjang pendidikan?
Jawaban :
2) Nama
: Rahmi
Stambuk
: A 231 12 037
Pertanyaan
: Jelaskan tentang diagram segitiga yang ada di makalah anda? Kemudian apakah
ada maksud tertentu tentang susunan diagram tersebut?
Jawaban :
Komentar
Posting Komentar