Langsung ke konten utama

PENDEKATAN SAINTIFIK



REVISI
Makalah

PENDEKATAN SAINTIFIK
 









disusun oleh:

KELOMPOK IV

NABRIANSYAH NASUTION               (A 231 14 144)
AZZA MASNAWATI                             (A 231 14 126)
TIARA WAHYU ANGGRAINI                        (A 231 14 018)
WIDYA MEISTIKA TINANGON        (A 231 14 023)
MAYA SAFITA                                       (A 231 14 097)
MIRAWATI                                             (A 231 14 022)
YUYUN                                                     (A 231 14 112)

Kelas: B



DOSEN PEMBIMBING:
Dr. SUKAYASA, M.Pd
Dr. H. SUDARMAN BENNU, M.Pd


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah kami yang berjudul “Pendekatan Saintifik”. Makalah ini di selesaikan guna untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kami serta memenuhi tugas mata kuliah Teori Belajar dan Inovasi Pengembangan II.
Dalam makalah ini, kami akan membahas tentang pengertian pendekatan saintifik. Selain itu, kami juga membahas langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik, teori-teori yang mendukung dari pendekatan saintifik, serta penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran.
Ucapan terima kasih yang tulus kami sampaikan kepada dosen pembimbing kami yang telah mengarahkan proses penyusunan makalah ini. Selain itu, kami juga akan berterima kasih kepada segenap keluarga kami yang telah memberikan bantuan berupa dana dan pikiran. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam memberikan bantuan berupa apapun dan berbagai sumber yang telah kami pakai sebagai data dan fakta pada makalah ini.   
Kami menyadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak agar penyusunan makalah selanjutnya lebih sempurna. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua orang yang membaca makalah ini. Terima kasih.
                                                                                                                              
Palu, 17 Oktober 2016

Tim Penulis


DAFTAR ISI

Halaman Judul....................................................................................................           i
Kata Pengantar....................................................................................................           ii
Daftar Isi   ..........................................................................................................          iii
Daftar Lampiran..................................................................................................          iv

BAB  I   PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang ...............................................................................           1
1.2.Rumusan Masalah ..........................................................................           2
1.3.Tujuan  ...........................................................................................           2

BAB  II  PEMBAHASAN
2.1.Pengertian Pendekatan Saintifik.....................................................           3
2.2.Kriteria Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik......................           5
2.3.Langkah-langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik.......           7
2.4.Teori Pendukung Pendekatan Saintifik..........................................         15
2.5.Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik..................         18

BAB  III  PENUTUP
3.1.Kesimpulan ....................................................................................         22

DAFTAR PUSTAKA






DAFTAR LAMPIRAN


1.  Lampiran I            ..........................................................................................         v

2.  Lampiran II          ..........................................................................................      xviii

3.  Lampiran III                                                                                                                       xx

4.  Lampiran IV                                                                                                           xxi

5.  Lampiran V          ..........................................................................................      xxiii

6.  Lampiran VI                                                                                                          xxv
















Lampiran I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah           :    SMP/MTs ...
Mata Pelajaran         :    Matematika
Kelas/ Semester         :    VII/ II (GENAP)
Tahun Ajaran           :    2014/2015
Pokok Bahasan         :    Sifat-Sifat Bangun Segi Empat
Alokasi Waktu          :    3 x 45 Menit
 

A.    KOMPETENSI INTI

KI 1:    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:    Menghargai dan Menghayati perilaku jujur, disiplin,
            tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri,
           
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
            
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
           
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
           
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
           
mata.
KI 4:    Mencoba, Mengelolah, dan Menyaji dalam ranah konkret
            (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
            dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
            mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
            yang sama dalam sudut pandang/teori.




B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN

No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.      Bersemangat dalam Mengikuti pembelajaran matematika.
2.      Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.

1.    Memiliki rasa ingin tahu yang ditandai dengan bertanya selama proses pembelajaran.
2.      Berani presentasi didepan kelas dari hasil kerja kelompoknya.
3.      Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari
4.      Menunjukan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil kerjanya.
3.
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang.
1.      Mengenal bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang.
2.      Mengenal sifat-sifat bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang.
4
Menghitung keliling dan luas bangun segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
1.      Menemukan rumus keliling bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang.

2.      Menentukan luas bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang
3.      Menyelesaikan soal permasalahan keliling dan luas bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.      Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
3.      Memiliki rasa ingin tahu yang ditandai dengan bertanya selama proses pembelajaran.
4.      Berani presentasi di depan kelas dari hasil kerjanya.
5.      Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan bangun segi empat.
6.      Menunjukan sikap percaya diri dalam mengkomunasikan hasil-hasil kerjanya.
7.      Siswa dapat mengenal bangun segi empat.
8.      Siswa dapat mengenal sifat-sifat dari bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang.
9.      Siswa dapat menentukan keliling dan luas bangun segi empat.












D.  MATERI PELAJARAN
Persegi adalah segiempat yang keempat sisinya sama panjang dan keempat sudutnya siku-siku.

1. Persegi



Sifat-sifat persegi yaitu :
a.       Memiliki 4 sisi dan 4 titik sudut
b.      Memiliki 2 pasang sisi yang sejajar dan sama panjang
c.       Keempat sisinya sama panjang
d.      Keempat Sudutnya sama besar yaitu 90 derajat (siku-siku)
e.       Memiliki 4 simetri lipat
f.       Memiliki simetri putar tingkat 4

Rumus Luas dan Keliling Persegi
a)      Luas = sisi × sisi = s × s  = s2
b)      Keliling = sisi + sisi + sisi + sisi = 4s
 

Persegi panjang adalah segiempat yang sepasang sepasang sisi yang berhadapan sejajar sama panjang  dan sudut-sudutnya siku-siku.

2. Persegi Panjang




Sifat-sifat pada Persegi Panjang
a.       Sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang  ( AB // CD dan AD // BC)
b.      Sudut-sudutnya siku-siku ( 90áµ’)

Rumus Keliling dan Luas Persegi Panjang
a)      Luas Daerah = Panjang x Lebar = p x l
b)      Keliling = 2 (p x l)

Trapesium adalah segiempat dengan tepat sepasang sisi berhadapan sejajar.

3. Trapesium






Sifat-sifat pada Trapesium
a.       Memiliki 4 sisi dan 4 titik sudut
  1. Memiliki sepasang sisi yang sejajar tetapi tidak sama panjang
  2. Sudut - sudut diantara sisi sejajar besarnya 180 derajat

Rumus Luas dan Keliling Trapesium
a)      Luas = (Jumlah sisi Sejajar) x 
b)      Keliling = AB + BC + CD + AD

Jajar genjang adalah segi empat dengan sisi-sisi berhadapan sejajar. segiempat yang sisi-sisinya sepasang-sepasang sejajar, atau segiempat yang memiliki tepat dua pasang sisi yang sejajar.

4. Jajar Genjang
 






Sifat-sifat pada Jajar Genjang
a.       Memiliki 4 sisi dan 4 titik sudut
  1. Memiliki 2 pasang sisi yang sejajar dan sama panjang
  2. Memiliki 2 sudut tumpul dan 2 sudut lancip
  3. Sudut yang berhadapan sama besar
  4. Diagonalnya tidak sama panjang
  5. Tidak memiliki simetri lipat
  6. Memiliki simetri putar tingkat 2

Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang
a)      Luas       = alas x tinggi = a x t
b)      Keliling = 2 alas + 2 tinggi = 2 (a + t)
 

Belah ketupat adalah bangun datar segiempat yang memiliki empat sisi yang kongruen. Belaketupat juga didefinisikan sebagai bangun datar segi empat yang memiliki kedua diagonalnya saling tegak lurus dan saling membagi dua sama panjang.

5. Belah Ketupat





Sifat-sifat dari Belah Ketupat
a.       Memiliki 4 sisi dan 4 titik sudut
b.       Keempat sisinya sama panjang
c.        Memiliki 2 pasang sudut yang berhadapan sama besar
d.       Diagonalnya berpotongan tegak lurus
e.        Memiliki 2 simetri lipat
f.        Memiliki simetri putar tingkat 2

Rumus Luas dan Keliling 
a) Luas       = ½ d1.d2
b) Keliling  = 2

Layang-layang adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh dua pasang rusuk yang berhaapan masing-masing pasangannya sama panjang dan saling membentuk sudut.

6.   Layang-layang





Sifat –sifat Layang-Layang
a.       Memiliki 4 sisi dan 4 titik sudut
b.      Memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang
c.       Memiliki 2 sudut yang sama besar
d.      Diagonalnya berpotongan tegak lurus
e.       Salah satu diagonalnya membagi diagonal yang lain sama panjang
f.       Memiliki 1 simetri lipat. 

Rumus Luas dan Keliling Layang-layang
Luas           = ½ d1.d2
Keliling      = 2d1 + 2d2




E. LANGKAH-LANGKAH

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Guru melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran kemudian memeriksa kehadiran siswa sebagai cerminan disiplin

5 menit
Apresiasi:
Guru bertanya dan mengecek pemahaman siswa tentang materi sifat-sifat bagun segi empat
Motivasi:
Guru memberikan motivasi berdasarkan materi yang akan disampaikan. Guru mengarahkan bahwa dalam belajar kita harus teguh pada pendirian dan bersungguh-sungguh karena dalam jenis pelajaran apapun pasti akan memberikan manaat yang baik dalam kehidupan peserta didik.
Kegiatan Inti
Mengamati (Observing):
1.  Siswa melakukan pengamatan atas permasalahan yang diberikan oleh guru berkaitan dengan materi sifat-sifat bangun segi empat.
2. guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan: melihat, menyimak, mendengar, dan membaca yang diformulasikan pada skenario proses pembelajaran. Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan pengamatan, melatih mereka untuk memperhatikan (melihat, membaca, mendengar) hal yang penting dari suatu benda atau objek
3 menit

Menanya:
1. siswa mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik)
2. Guru membimbing peserta didik untuk dapat menanya atau mengajukan pertanyaan.
Mengumpulkan informasi:
Siswa mengumpulkan informasi yang dilakukan melalui eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, dan melakukan berbagai cara yang dipelajari.
3 menit
Menalar:
1. Siswa memproses informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi tentang materi sifat-sifat bangun segi empat.
2. Guru memberi instruksi singkat tapi jelas dengan disertai contoh-contoh, baik dilakukan sendiri maupun dengan cara simulasi.


7 menit
Mencoba:
1. siswa mengumpulkan informasi /eksperimen dan melaksanakan eksperimen dengan bimbingan guru.
2. Guru membimbing siswa dalam pelaksanaan eksperimen.
7 menit
Mengkomunikasikan:
1. Siswa menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari.
2. Guru membimbing, mengawasi dan memberikan instruksi kepada siswa.
10 menit
Penutup
1.      Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.      Guru memberikan pekerjaan rumah sebagai instrument penilaian pengetahuan individu siswa.
3.      Berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
4.      Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
10 menit

F.   MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
      Media dan alat pembelajaran: Power point, LCD, notebook, papan tulis,
                                                             
 spidol, dan benda kongkrit dari bagun segi
                                                           
  empat.
      Sumber pembelajaran : Buku matematika SMP kelas VII, dan sumber lain.



G. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.         Sikap spiritual
a.         Teknik Penilaian  : Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.         Kisi-kisi:
No.
BUTIR NILAI
INDIKATOR
JUMLAH BUTIR INSTRUMEN
1.
1.1. Menghargai
       dan
       menghayati ajaran
       agama yang dianutnya.
1.1.1  Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika
1
1.1.2  Serius dalam mengikuti
          Pembelajaran 
          matematika
1
JUMLAH
2


d.         Instrumen
2.        Sikap Sosial
a.         Teknik Penilaian  : Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
c.         Kisi-kisi:
NO.
BUTIR NILAI
INDIKATOR
JUMLAH BUTIR INSTRUMEN
2.
Memiliki rasa ingin
tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan        matematika, yang        terbentuk melalui        pengalaman belajar
Memiliki rasa ingin tahu yangditandai dengan bertanya selama proses pembelajaran
1
Berani presentasi didepan kelas dari hasil kerja kelompoknya
1
Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan  bangun segi empat
1
 Menunjukkan sikap percaya
diri dalam mengkomunikasikan hasil -hasil kerjanya
1
JUMLAH
4

3.         Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian   : Praktek
                                   b.            Bentuk Instrumen : Uraian
                                   c.            Kisi-kisi
No.
BUTIR NILAI
INDIKATOR
JUMLAH BUTIR SOAL
NOMOR BUTIR INSTRUMEN
1.

Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
Mengenal Bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
1
1
Mengenal sifat-sifat dari bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang.

1
1
2.
Menghitung keliling dan luas segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
Menemukan rumus keliling bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
1
1
Menentukan luas bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
1
1
Mengerjakan soal permasalahan keliling dan luas bangun segi empat yaitu persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
1
1











4.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian   : Praktek
b.        Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Praktek
c.         Kisi-kisi:
No.
INDIKATOR
BUTIR INSTRUMEN
1.
Menggambarkan bentuk dari bangun segi empat
1
2.
Menyebutkan sifat-sifat dari masing-masing bidang segi empat
2
3.
Menyelesaikan soal maslah keliling dan luas dari bangun segi empat.
1
4.
Menunjukkan kemampuan mempertahankan pendapat
3

















Lampiran II

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

Pokok bahasan                    : Sifat-sifat Bangun Segi Empat
Hari/tanggal                         :
Alokasi waktu                     :
Kelas                                                :
Nama /no. kelompok           :

1. Sebutkan masing-masing definisi dari persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, dan layang-layang?
Jawab:...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
………………………………………………………………………………………

2. Sebutkan masing-masing sifat dari persegi, trapesium, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang!
Jawab:.......................................................................................................................................................................................................................................................................
.........................................................................................……………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………..
3.  Sebuah persegi ABCD dengan panjang sisinya 5 cm, hitunglah keliling persegi tersebut!
Jawab::……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Diketahui sebuah belah ketupat PQRS dengan panjang diagonal-diagonalnya adalah  6 cm dan 10 cm , hitunglah luas belah ketupat tersebut!
Jawab:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Sebuah jajar genjang PQRS dengan panjang PQ = 2QR, hitunglah keliling jajar genjang tersebut jika diketahui panjang QR adalah 4 cm !
Jawab:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6.  Diketahui luas sebuah trapesium sama kaki PQRS adalah 36 cm2. Berapakah tinggi trapesium tersebut jika panjang sisi-sisi sejajarnya adalah 8 cm dan 10 cm?
Jawab:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7. Sebuah layang-layang PQRS dengan panjang QR = 18 cm, salah satu diagonalnya memiliki ukuran 6 cm dan memotong diagonal yang lain dengan panjang PO = 4 cm. Hitunglah keliling layang-layang tersebut!
Jawab:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



Lampiran III

PETUNJUK PENENTUAN NILAI SIKAP

1.    Rumus Penghitungan Skor Akhir


Skor Maksimal = Banyaknya indikator x 4

2.    Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 81A Tahun 2013 yaitu:
Sangat Baik          : Apabila memperoleh skor akhir:3,33<Skor Akhir≤4,00
Baik                      :  Apabila memperoleh skor akhir:2,33<Skor Akhir≤3,33
Cukup                  : Apabila memperoleh skor akhir:1,33<Skor Akhir≤2,33
Kurang                 : Apabila memperoleh skor akhir:         Skor Akhir≤1,33















Lampiran IV

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.    Petunjuk Umum
1.      Instrumen sikap spiritual berupa lembar observasi
2.      Instrumen diisi oleh guru pengajar

B.     Petunjuk Pengisian
Pengisian lembar observasi dengan ketentuan sebagai berikut :
Skor yang diberikan 1,2,3,4 dengan criteria :
1 = tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
2 = kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati
3 = sering melakukan perilaku yang diamati
4 = selalu melakukan perilaku yang diamati

C.    Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas                               :   VII
Semester                          :               
Tahun Pelajaran               :               
Tanggal                            :               
Butir Nilai                        :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang            dianutnya.
Indikator Sikap                :  1.   Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika
                                       2.   Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika




No.
Nama Peserta Didik

Skor Indikator Sikap Spiritual (1-4)
Jumlah Perolehan Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak Tuntas
Indikator 1
Indikator 2























































Lampiran V

 INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.    Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian sikap spiritual berupa lembar observasi
2.      Instrumen diisi oleh guru pengajar

B.     Petunjuk Pengisian
Pengisisan lembar observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor yang diberikan 1,2,3,4 dengan kriteria:
1 = tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
2 = kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati
3 = sering melakukan perilaku yang diamati
4 = selalu melakukan perilaku yang diamati

C.    Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI

Kelas                                : VII
Semester                           : Ganjil
Tahun Pelajaran                : 2014/2015
Tanggal                            : 18 Oktober 2014
       Butir Nilai                        : Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
                                                     
Ketertarika pada matematika serta memiliki rasa
                                                     
percaya pada daya kegunaan matematika,
                                                 
    yang terbentuk melalui pengalaman belajar
Indikator Sikap            : 1.  Memiliki rasa ingin tahu yang ditandai dengan
             
bertanya selama proses   pembelajaran.
2. Berani presentasi didepan kelas dari hasil kerja
                                                individu/kelompok
.
3.      Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan bangun segi empar
4.      Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasilkerjanya

No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Sosial (1-4)
Jumlah Perolehan Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak Tuntas
1
2
3
4





































































Lampiran VI

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

Nama                        :
Kelas/Semester        :
Kelompok                :
Waktu                      : 25 Menit

Petunjuk:
1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal
2. Jawablah pada lembar jawaban yang telah disediakan
3. Selesaikan soal berikut dengan singkat dan jelas

Kerjakanlah soal berikut ini!
1.        Diketahui luas sebuah persegi 49 cm2. Hitunglah keliling persegi tersebut!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.        Keliling sebuah jajar genjang ABCD adalah 34 cm, jika panjang AD = 7 cm dan tingginya 6 cm
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...........
3.        Diketahui luas sebuah trapesium sama kaki PQRS adalah 80 cm2. Berapakah keliling trapesium tersebut jika tingginya adalah 8 cm dan panjang PQ = 8 cm?
Jawab:
..……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………….....................

4.        Keliling sebuah belah ketupat PQRS adalah 52 cm. Berapakah panjang QS jika diketahui panjang PR adalah 10 cm?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.        Sebuah layang-layangPQRS dengan panjang diagonal-diagonalnya 10 cm dan 18 cm, hitunglah luaslayang-layang tersebut !
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 , sebagai berikut :
Nilai Akhir =     Perolehan Skor   X  (100)
                                                  Total Skor Max
 


     
        Kriteria Ketuntasan Minimal =







Lampiran VII
PERTANYAAN DAN JAWABAN DISKUSI

1)   Nama          : Devi Ayu Sari
Stambuk     : A 231 14 010
Pertanyaan :  Apakah pendekatan saintifik bisa diterapkan di semua jenjang pendidikan?
Jawaban    :


2)   Nama          : Rahmi
Stambuk     : A 231 12 037
Pertanyaan : Jelaskan tentang diagram segitiga yang ada di makalah anda? Kemudian apakah ada maksud tertentu tentang susunan diagram tersebut?
Jawaban   :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

sejarah singkat HIMAPTIKA FKIP UNTAD

HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO Himpunan Mahasiswa P endidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako yang disingkat HIMAPTIKA FKIP UNTAD merupakan lembaga yang menaungi seluruh mahasiswa pendidikan matematika yang berfungsi sebagai wadah pemersatu, penyambung aspirasi mahasiswa pendidikan matematika , bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan seluruh warga HIMAPTIKA serta menciptakan mahasiswa-mahasiwa yang aktif, kreatif, inovatif dan dapat bersaing ditingkat nasional maupun internasional. Perjalanan organisasi di program studi pendidikan matematika dimulai pada tanggal 16 Oktober 1993 dengan nama Mathematic Study Club (MSC). Namun, pada Musyawarah Besar (MUBES) 28 September 1996 di sepakati untuk menerjemahkan MSC kedalam bahasa Indonesia menjadi Kelompok Studi Matematika (KESMATIKA). Penerjemahan ini bukan berarti MSC dan KESMATIKA sama tetapi bagi senior...

ruang dimensi tiga

SEKOLAH YANG DIKUNJUNGI : SMA KATOLIK ST. ANDREAS PALU JL. Danau Poso No.23 Palu Barat MATERI                                   : RUANG DIMENSI TIGA (KTSP 2006) SEMESTER                              : 2 (GENAP) NAMA GURU                         : DESIDERIUS LANDI   S.Pd STANDAR KOMPETENSI Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga KOMPETENSI DASAR 1.      Menentukan kedudukan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga 2.      Menentuka...

komplikasi materi matapelajaran matematika

A.    Kedudukan titik, Garis, dan bidang dalam ruang. 1.      Pengertian titik, garis, dan bidang. a.      Titik. Suatu titik ditentukan oleh letaknya dan tidak mempunyai besaran. Sebuah titik dilukiskan dengan noktah dan biasanya dinoktakan dengan huruf kapital seperti A, B, C, dan seterusnya. b.      Garis. Suatu garis merupakan himpunan titik – titik tidak terbatass banyaknya. Garis dikatakan berdimensi satu karena hanya memiliki satu ukuran saja. Suatu garis biasanya dilukiskan terbatas dan disebut juga dengan segmen garis (ruas garis) dan dinotasikan dengan huruf kecil. Ruas garis itu sendiri dinotasikan dengan menyebut titik pangkal dan titik ujung garis tersebut, sebagai contoh, garis g, h, l, atau ruas garis AB, PQ. c.       Bidang. Bidang merupakan himpunan titik – titik yang memiliki panjang dan luas, oleh k...